Pernah ga loe merasa hidupmu paling susah diantara teman-temanmu ?
Pernah ga loe bertanya pada Tuhan, mengapa kok loe dilahirkan dalam lingkungan yang loe ngerasa ndak enak ?
Pernah ga loe berdoa minta petunjuk pada Tuhan, untuk apa loe dilahirkan di dunia ini ?
Gue pernah. Gue lakuin semua yang gue tulis diatas. Gue alami lebih daripada yang bisa gue tulis, terlalu yang bisa gue tuliskan namun tidak bisa gue tuliskan, karena bisa jadi novel heheheh :).
Dari SD, gue melihat teman-teman gue hidupnya enak semua. Punya Nintendo, Spica, lha gue .. gamewatch aja kagak gablek. Belum saat istirahat pelajaran, semua bisa jajan, bisa beli kue yang mereka suka di warung sekolah, lah gue ... melongo saja sambil berharap ada yang mau bayarin. Yah minimal disisain beberapa butir Chiki Balls lah.
Dari SMP gue bayangin, andai gue idup di tengah keluarga si A misal. Sudah kaya, pulang pergi diantar mobil, kagak pernah ngerasain lagi jalan mau ke sekolah dikejar sama anjing sialan. Lah gue, papa cuma guru SMA, yang abis itu pindah pabrik, mama kagak kerja, gue punya adik lagi selisih 5 tahun dari gue yang juga harus sekolah, boro-boro punya mobil. Bisa makan ayam goreng seminggu sekali sudah mujizat kalee.
Saat gue SMA, sudah banyak teman-teman yang bawa sepeda motor sendiri. Tipe baru, Yamaha Crypton, Honda Tiger, Honda Supra, Yamaha F1ZR. Lah gue, dapetnya motor bekas. Bekas kakek dari mama gue, Honda C70, yang gue modif biar keliatan menarik, gak kalah sama yang lain. Tapi ya tetep aja kalah. Mereka 5 menit sudah sampe rumah, gue butuh 30 menit baru keluar pintu pagar sekolah, heheheh (majas hiperbola dikit lah).
Begitu kuliah, baru gue nyadarin. Kenapa gue kok gak dilahirin di tengah keluarga yang kaya raya, yang damai sejahtera, yang punya masalah tapi masalah yang lumrah, yang kagak ribet dan penuh diplomasi. Gue iseng nanya sama Tuhan, ... kenapa kok gue ditaruh di tengah keluarga ini yee ? Kagak ada jawaban, sampe gue kelarin kuliah gue dengan terpaksa. Terpaksa DO maksudnya hehehe :)
Setelah gue punya bini dan anak, iseng gue petunjuk sama Tuhan, kalau gue harus dilahirin di keluarga yang gak keren menurut gue, kalo gue sekarang punya bini sama anak satu-satunya, apa tujuan gue di taruh di dunia ini. Kan kata mereka yang pinter-pinter, Tuhan gak akan menciptakan sesuatu tanpa tujuan.
Dan ... belum kejawab.
Sampe satu saat, gue berdebat dengan papa gue. Dan salah satu poinnya, gue dibilang mengalami cuci otak. Nah loe, kebayang gak. Yang katanya orang tua gue sendiri, ngatain gue kayak gitu, hehehe. Ya wis lah. Halah kok jadi Jawa lagi keluarnya.
Akhirnya gue ... entah bener .. entah nggak, merasa ada jawaban. Gue lahir di tengah badai, di tengah himpitan, di tengah kekerasan, karena gue harus merasakan badai dulu, biar bisa tahu enaknya hidup di alam yang hangat dan tenang. Gue lahir dalam himpitan, agar gue bisa merasakan lega-nya hidup bebas dan merdeka. Gue lahir di tengah kerasnya didikan, agar gue tahu .. lembut itu menyenangkan semua orang.
Dah, gue kagak mau lagi nanya-nanya sama Tuhan. Tuhan sudah tahu jalan idup gue ke depan mau kayak apa. Sekarang gue cuma mau mikir, mau ngapain lagi gue habis ini. Otak gue memang sudah dicuci, tapi rasanya yang nyuci Tuhanku sendiri, dengan gayaNya sendiri, dengan styleNya sendiri, yang membentuk gue jadi sperti ini. Terserah orang tua gue mau kagak suka sama gue, gue juga kagak maksa kok. Gue hidup untuk hidup gue, bahasanya Bon Jovi "It's My Life". Selama gue kagak ngerugiin orang lain, gue jalanin apa yang gue yakini. Itu semangat yang ingin gue tularin ke loe semua, ke istri dan anak gue. Kita diem saja bisa dianggap salah, apalagi bergerak. Tapi bukannya lebih baik bergerak daripada diem.
Dan loe-loe pada, yang diberkati punya orang tua yang keren menurut penglihatan gue, tolong .. tolong bener, jangan bikin mereka mikirin hidup loe yang loe bikin pelik sendiri. Loe yang lagi berantem sama istri loe, loe yang sudah pisahan sama istri loe, loe yang lagi selingkuh sama sesama jenis loe, tolong ... tolong bener jangan bikin orang tua hebat loe mikirin loe terus. Loe sudah gede. Sori, kontol loe aja sudah rimbun, toket loe aja sudah pake BH ukuran 34 - 36. Ajakin orang tua loe jalan-jalan, ajakin orang tua loe berlibur ke tempat yang ga jelas sekalipun, mereka akan seneng. Ajakin mereka naik mobil loe, ajakin mereka menikmati masa tua mereka dengan gembira, ajakin mereka ketemu dengan teman-teman masa muda mereka, mereka akan doain loe semua, biar enak idup loe. Jadi pas mereka nanti suatu saat dipanggil pulang sama Yang Kuasa, loe kagak nangis bombay, nyesel, terus dateng ke tanah yang nimbun mereka tiap hari, bawa bunga yang ga jelas bentuknya, telat boo'. Sekarang saatnya ya. Senengin kedua orang tua loe, yang kagak pernah nuduh loe ngelakuin yang aneh-aneh, yang kagak pernah curiga sama semua tingkah laku loe, yang kagak malu dengan apa yang loe perbuat, yang selalu dukung loe apapun yang loe perbuat, bahkan bila itu dianggap salah oleh tetangga. Mereka selalu didepan belain loe, bukannya buka aib loe dan nitipin loe ke orang lain karena mereka kagak sanggup ngajarin loe di jalan yang mereka yakin bener.
Loe beruntung dulu dan sekarang. Gue kagak beruntung dulu, tapi sekarang gue bisa jadi lebih beruntung dari loe pada, jika loe kagak bisa manfaatin dengan baik nasib baik loe.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.